- Pembangunan Papua Jadi Stimulus Tingkatkan Kualitas Pemuda Papua
- Mengapresiasi Keberhasilan Aparat Keamanan Lindungi Ratusan Warga Sigi dari Kejaran OPM
- KINERJA APBN 2024 TETAP TINGGI DITENGAH KETIDAKPASTIAN GLOBAL
- BIN Gandeng Akademisi dan Universitas dalam Program AMANAH Demi Tingkatkan Inovasi Pemuda
- Indonesia Tetap Kondusif Pasca Penetapan Hasil Pemilu dan Putusan Sidang MK
- Stafsus BPIP Sebut AMN Manado Tempat Kaderisasi Pemimpin Masa Depan Bangsa
- Jaga Situasi Kondusif Wujudkan Pilkada Damai
- Tokoh Agama Berperan Penting Cegah Radikalisme di Masyarakat
- Aparat Keamanan Lakukan Langkah Preventif Pasca Penetapan Hasil Pemilu
- Jadilah Masyarakat Cerdas Literasi Digital, Tangkal Provokasi Soal Investasi Blok Wabu
- Home
- Coronavirus
- STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS OTOMOTIF SEPEDA MOTOR MEREK KTM DI TENGAH KRISIS PANDEMIC COVID 19
- By AdminJabar
- 30 Apr 2020
STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS OTOMOTIF SEPEDA MOTOR MEREK KTM DI TENGAH KRISIS PANDEMIC COVID 19
Wabah Novel Coronavirus (COVID-19), yang berasal dari Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019, dengan cepat menyebarkan tentakelnya ke seluruh dunia dan memiliki dampak besar pada semua aspek masyarakat, termasuk bisnis dalam industri otomotif, seperti sepeda motor trail dengan merek KTM yang memiliki identitas merek yang berbeda dengan merek sepeda motor lainnya, seperti warna orange campuran kuning dan merah motor yang memiliki makna lebih dari sekadar warna untuk KTM; dan juga merupakan filosofi perusahaan selama dua dekade sekarang. Dalam dunia sepeda motor, KTM Orange memiliki arti yang sama dengan “Ferrari Red” untuk kendaraan bermotor, dan ketika pabrikan lain mengecat sepeda motor mereka dengan warna oranye, dunia sepeda motor hanya memikirkan KTM seperti gambar di bawah ini:
PT PMA sebagai importir produk motor dengan merek KTM mengemukakan bahwa Produksi sepeda motor KTM untuk sementara akan ditangguhkan karena krisis COVID-19 yang sedang berlangsung. Hal ini mengacu pada kebijakan Pierer Mobility Group, perusahaan induk KTM, mengumumkan tanggapannya terhadap wabah coronavirus dalam sebuah pernyataan.
“This measure is triggered by a possible impending interruption in the supply chain from Northern Italy,” the statement reads. “Many suppliers are located in this region, which is badly affected by the coronavirus. With this measure, KTM avoids a possible uncontrolled business interruption and anticipates parts of the company vacation in the summer to stabilize the supply chain in the long term.”
Pernyataan itu juga mengungkapkan bahwa distribusi dan pasokan suku cadang di seluruh dunia tidak akan terpengaruh oleh pengukuran. "Ketersediaan semua model dijamin untuk awal musim yang akan datang di jaringan dealer di seluruh dunia,"
Di samping itu, menurut laporan berita terbaru menurut CEO PT PMA, merek sepeda motor Austria KTM menutup sementara pabriknya dan sekarang sudah beroperasi Kembali walau pun belum full di Mattighofen di tengah pandemi Coronavirus yang paling parah memukul Eropa. Menurut KTM, penutupan sementara pabrik tidak diharapkan mempengaruhi penjualan dan pengiriman KTM, itu akan mempengaruhi rencana bisnis merek sepeda motor Austria untuk sisa tahun 2020. Penutupan pabrik sementara Mattighofen di Austria, adalah langkah untuk tidak hanya menghentikan penyebaran virus, tetapi juga untuk mengurangi kemungkinan gangguan dari rantai pasokan bahan dari Italia utara, suatu daerah yang terkunci total saat memerangi pandemi.
Berdasarkan kondisi di atas, bisnis otomotf KTM yang dijalankan oleh PMA tetap berjalan dengan menciptakan strategi komunikasi bisnis di tengah krisis saat ini, dalam situasi yang bergerak cepat dan tidak menentu. Sebagai seseorang yang mempelajari komunikasi krisis, perlu berkomunikasi dengan pelanggan selama krisis. Bahkan berusaha memahami sejauh mana masalah itu, jujur dan terbuka untuk mempertahankan kredibilitas. Pendekatan komunikasi dalam situasi krisis ini adalah dengan empati dengan pendekatan komunikasi persuasif. Strategi komunikasi bisnis yang dibangun adakah komunikasi yang sifatnya internal dan eksternal, sebagai berikut:
Langkah 1: Membuat Tim untuk Komunikasi Terpusat
Komunikasi yang terdesentralisasi dapat dimengerti dan bahkan diinginkan dalam organisasi yang besar dan kompleks. Tetapi dalam situasi darurat atau bergerak cepat, Anda memerlukan tim penanggulangan krisis. Dengan coronavirus, kita melihat ini terjadi di semua tingkatan yang terjadi di Indonesia. Tim dibangun dengan melibatkan tim kepemimpinan, PR, Marketing Manajer, SDM/
Langkah 2 : Komunikasi dengan karyawan
Dilakukan dengan memposting informasi secara teratur di lokasi yang sangat terlihat. Ini bisa berupa lokasi fisik atau email virtual, intranet perusahaan, atau saluran Slack atau Facebook. Lalu menjelaskan bagaimana keputusan dibuat tentang masalah seperti perjalanan, bekerja dari rumah, dll dan berkomunikasi setiap hari untuk memberikan infirmasi yang tepat waktu
Langkah 3: Berkomunikasi secara teratur dengan Pelanggan
Pelanggan memerlukan pendekatan yang berbeda dari karyawan karena perusahaan tidak memiliki akses atau frekuensi yang sama dengan yang lain. Fokus pada apa yang penting bagi pelanggan. Misalnya, Target mengirimkan catatan dari CEO kepada pelanggan, yang menjelaskan prosedur kualitas layanan. Hal ini penting karena berkaitan dengan kebijakan yang diambil oleh Pierer Mobility Group bahwa telah mengumumkan bahwa mereka akan memperpanjang jaminan dan layanan gratis untuk semua modelnya hingga 30 Juni 2020. Dengan penguncian Coronavirus saat ini, KTM mengharapkan lonjakan di pusat layanannya dan karenanya, memperpanjang garansi dan melayani hingga akhir Juni 2020. Ini berlaku untuk semua pelanggan KTM yang jaminan dan layanan gratisnya berakhir pada bulan Maret, April atau Mei 2020.
Langkah 4: Yakinkan Pemegang Saham
Epidemi telah menciptakan gejolak hebat di pasar keuangan dalam dua minggu terakhir dan mengubah apa yang merupakan pasar yang luar biasa menjadi potensi resesi, PMA memiliki tanggung jawab khusus untuk mengkomunikasikan dampak virus pada operasi mereka sesuai kondisi keuangan.
Langkah 5: Bersikap Proaktif dengan Komunitas
Apa yang terjadi di dalam organisasi di sekitar coronavirus memengaruhi semua orang di komunitas di sekitar mereka. Setidaknya organisasi harus melakukan yang terbaik untuk memastikan tindakan mereka tidak berdampak negatif terhadap anggota komunitas untuk meningkatkan hubungan dengan komunitas lokal tempat PMA beroperasi, misalnya menyediakan sumber daya seperti memberikan bantuan persediaan atau makanan untuk mereka yang berada di karantin dan memberikan informasi kepada media lokal untuk membantu menenangkan komunitas dan juga meningkatkan kredibilitas PMA.
Saluran komunikasi yang digunakan dalam melaksanakan strategi komunikasi bisnis sepeda motor merek KTM tersebut adalah saluran komunikasi digital, media social, pemasaran melalui video marketing. Penggunaan platform online yang banyak dan sumber daya digital yang tersedia dan temukan yang terbaik untuk bisnis sepeda motor merek KTM. Manfaatkan teknik ini untuk berkomunikasi dengan rencana yang tulus dan jelas yang akan membantu pelanggan tetap terhubung dengan PMA dan menjaga kepercayaan dan kepercayaan dalam bisnis yang digeluti oleh PMA. Yang terpenting dari semua ini, PMA telah mendistribusi dan pasokan suku cadang di seluruh dealer di seluruh dunua, termasuk di Indonesia "Ketersediaan semua model sepeda motor dengan merek KTM dengan mengacu pada kebijakan Pierer Mobility Group dan diharapkan bisnis ini lancer dalam situasi komunikasi krisis pandemic corona
Strategi komunikasi yang dibangun tersebut diharapkan dapat memperlancar bisnis sepeda motor dengan merek KTM di tengah wabah corona sehingga citra PMA tetap terjaga dengan baik
Oleh:
Poppy Ruliana adalah dosen senior di STIKOM InterStudi dan juga peneliti dalam bidang komunikasi dan Public Relations
Mahrani adalah CEO PT PMA dan Mahasiswi kelas Eksekutif STIKOM InterStudi
Referansi :
https://hbr.org/2020/03/communicating-through-the-coronavirus-crisis
https://www.cobizmag.com/Business-Insights/How-to-maintain-business-communication-connection-in-the-wake-of-coronavirus/
TAGS: | covid19 virus-corona nasional kesehatan |
Berita Terkait
Write a Facebook Comment
Leave a Comments
#sekilas info
Trump dikecam : Pasien virus Corona agar disuntik disinfektan agar sembuh.
25 Apr 2020
#sekilas info
Nilai Pemerintah RI Lambat Cegah Corona, FKM UI: Corona Masuk Sejak Januari
19 Apr 2020
#sekilas info
Update Covid-19 Per Tgl 13 April 2020, Total Kasus Positif 4,557, Meninggal Dunia 399, Sembuh 380
13 Apr 2020
#sekilas info
Update Covid-19 Per Tanggal 13 April 2020, Total Kasus Positif 4,557, Meninggal Dunia 399, Sembuh 38
13 Apr 2020
#sekilas info
Naik 337. Update Covid-19 Tgl 9 April 2020, Total Kasus Positif 3.293, Meninggal 280, Sembuh 252
09 Apr 2020
- By AdminJabar
- 09:33:32 / 19 Apr 2024
Traveloka Paylater, Pesan Tiket Pesawat Bisa dicicil
BERITAJABAR.ID - Ketika tekanan pekerjaan semakin berat, dan mulai mempengaruhi kesehatan mental,...
Berita Populer
-
Petronas Temukan Cadangan Minyak di Wilayah Jawa T
Jumat, 16 Jul 2021 - Dilihat 891 Kali