PB ESI dan PORBIN Wadahi Pembinaan Atlet Berprestasi
User

PB ESI dan PORBIN Wadahi Pembinaan Atlet Berprestasi

BERITAJABAR.ID - Pemerintah melalui Badan Intelijen Negara (BIN) terus berkomitmen untuk mewadahi pembinaan atlet berprestasi. Salah satu upaya tersebut diupayakan melalui pembentukan lembaga olah raga esport dan Persatuan Olah Raga BIN yang diharapkan dapat membantu seluruh atlet esports Indonesia supaya bisa terus mencetak prestasi hingga di kancah internasional.


Pada era sekarang, memang tidak bisa dipungkiri bahwa segala sesuatu sudah menjadi serba terdigitalisasi. Bukan hanya untuk mempermudah kehidupan manusia saja, dengan banyaknya media sosial atau banyak transaksi elektronik yang dilakukan, bahkan untuk olahraga pun, yang mungkin pada jaman dulu hampir mustahil dilakukan dengan tanpa menggerakkan seluruh badan, nyatanya di jaman sekarang hal tersebut bisa terjadi.

Kemunculan olahraga elektronik atau esports belakangan ini menjadi sebakin booming dan banyak sekali masyarakat yang mengikutinya hingga di Indonesia, khususnya para generasi muda yang seolah menjadi tidak ingin ketinggalan dengan kemajuan jaman di era serba digital seperti sekarang.

Mengetahui betapa maraknya esports di Indonesia, kemudian pemerintah pun melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) telah secara resmi mengakui esports sebagai salah satu cabang olahraga prestasi di Tanah Air.

Dengan adanya pengakuan secara resmi tersebut, maka membuat esports saat ini bisa diikutkan dalam pertandingan pada kompetisi-kompetisi resmi di tingkat nasional hingga internasional yang memang sudah diakui oleh Pemerintah RI. Bahkan, untuk semakin mendukung kemajuan ekosistem esports Tanah Air, pemerintah juga telah resmi menyetujui adanya asosiasi yang menjadi wadah khusus untuk cabor esports, yakni pembentukan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) yang diharapkan akan mampu untuk terus meningkatkan prestasi seluruh atlet dalam olahraga elektronik tersebut hingga di kancah internasional.

Sebagai informasi, bukan hanya pemerintah saja, namun peran besar untuk terus memajukan olahraga nasional di era kekinian tidak bisa dilepaskan dari pihak BIN. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jend Pol (Purn) Budi Gunawan juga telah resmi dilantik sebagai Ketua Umum PB ESI. Bahkan sejak awal pelantikannya, beliau langsung menyiapkan banyak langkah strategis untuk mengawal esports ke arah yang lebih baik lagi.

Beberapa diantara langkah strategis yang dilakukan oleh Ketum PB ESI tersebut adalah dengan langsung membuat segenap regulasi untuk bisa mengatur ekosistem esports agar ke depannya bisa lebih jauh jelas dan terarah. Dengan demikian, maka diharapkan pula para atlet bisa semakin berkembang untuk mencetak banyak sekali prestasi.

Budi Gunawan menjelaskan bahwa sejauh ini masih terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah mengenai belum adanya esports training center. Sontak semenjak kepemimpinannya sebagai Ketua Umum PB ESI, maka dirinya menegaskan bahwa pihaknya harus mampu menghadapi segala jenis tantangan, dan sesegera mungkin pembangunan esports training center langsung dilaksanakan bahkan dengan standar internasional.

Lebih lanjut, beliau menerangkan bahwa sejatinya esports ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi para pemainnya, sehingga kegiatan tersebut sama sekali tidak bisa lagi dianggap remeh atau hanya sekedar dianggap sebagai sebuah permainan belaka. Beberapa aspek bermanfaat tersebut untuk mengasah kemampuan generasi muda, yakni bisa menuntut untuk berpikir strategis, cerdas dan juga kreatif. Mereka juga dengan memainkan esports bisa melakukan analisis dalam penyusunan strategi, motivasi hingga kerja sama tim dan juga kelincahan sampai ketahanan fisik.

Mengetahui adanya segudang manfaat dari esports untuk para generasi muda, maka Budi Gunawan pun menegaskan bahwa pengarahan dan juga pembinaan bagi mereka semua, khususnya para penggemar esports di Indonesia menjadi hal yang sangat tepat untuk terus dikembangkan dan didorong. Pasalnya, hal tersebut juga berkorelasi dengan upaya untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang sangat unggul, utamanya di era serba digital seperti saat ini.

Dengan adanya kepengurusan PB ESI yang langsung diketuai oleh Budi Gunawan, memang adalah sebuah momentum terbaik untuk bisa terus mengawal perkembangan seluruh ekosistem esports Indonesia menjadi semakin baik hingga dampaknya bisa mengarah pada percepatan pembangunan berbagai sektor strategis lannya di Tanah Air termasuk pada pertahanan keamanan, teknologi, ekonomi kreatif, digital hingga pariwisata.

Kemudian secara khusus, Badan Intelijen Negara (BIN) sendiri juga telah meluncurkan Persatuan Olahraga BIN (PORBIN), yang mana di dalamnya terdapat sebanyak 8 cabang olahraga, salah satunya adalah esports. Hal tersebut menjadi bukti konkret bagaimana peran BIN dalam kemajuan esports Tanah Air. Selaku Kabin, Budi Gunawan juga mengaku bahwa tujuan dari pembentukan PORBIN sendiri memang untuk meningkatkan prestasi para atlet nasional.

Seentara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), yang juga dilantik sebagai Dewan Pembina PB ESI, Sandiaga Salahuddin Uno mendukung upa PB ESI dengan menjunung tinggi regulasi. Baginya, hal tersebut akan sangat berkorelasi dengan peningkatan kemampuan para atlet esports untuk terus mencetak prestasi.

Peran besar yang dimiliki oleh pemerintah, khususnya melalui Badan Intelijen Negara (BIN) memang patut diberikan apresiasi setinggi-tingginya. banyak sekali upaya yang telah dilakukan untuk bisa terus memajukan olahraga nasional di era kekinian.

Oleh : Anindira Putri Maheswani )** Penulis adalah kontributor Persada Institute 

TAGS: nasional

Image

Write a Facebook Comment

Leave a Comments

Jejak Pendapat

Penyebaran COVID-19 Sangat Memprihatinkan, Setujukah Indonesia Lockdown ?

Weekly Toplist