Menjaga Kebiasaan Baik Lewat Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Tetap Disiplin Protokol Kesehatan
User

Menjaga Kebiasaan Baik Lewat Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

 BERITAJABAR.ID - Adaptasi kebiasaan baru sejatinya merupakan upaya mempertahankan kebiasaan baik yang menjadi protokoler Covid-19. Untuk itu, kebiasaan bermasker, menghindari kerumunan, jaga jarak, serta sering mencuci tangan memakai sabun menjadi kebiasaan baru dalam kehidupan di masyarakat. Namun, tidak seluruhnya dapat melakukan hal seperti itu.

Sebagian masyarakat masih cenderung abai terhadap bahaya Covid-19 yang telah memakan banyak korban. Ketidakpahaman masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan merupakan salah satu faktor sikap abai tersebut.

Bertambahnya korban pandemi Covid-19, berkaitan juga dengan sulitnya membiasakan hidup bersih dan tertib seperti protokoler tersebut. Ketidakmampuan hidup dengan gaya yang baru juga dipicu oleh sejumlah hal.

Pertama, ketidaksiapan masyarakat mengubah perilaku dengan suasana baru. Kedua, dorongan kebutuhan ekonomi, serta ketidaktahuan yang disebabkan faktor pendidikan yang dimiliki sejumlah anggota masyarakat.

Tidak mengherankan jika dalam menghadapi Covid-19, beragam sikap dan persepsi berkembang yang satu dengan lainnya beragam pemahaman. Kondisi inilah yang mempersulit penanggulangan pandemi yang belum ada vaksinnya ini lewat penerapan protokol kesehatan dengan baik merupakan cara efektif cegah penularan Covid-19.

Kekompakan dan sinergitas menjadi modal penting untuk memasuki kehidupan adaptasi kebiasaan baru agar tidak dipersepsikan sebagai sikap abnormal oleh warganet. Kemampuan membangun kebiasaan baru menjadi titik awal untuk membangun kehidupan sosial-ekonomi baru.

Melalui sinergitas pemerintah dan masyarakat, perilaku masyarakat dapat dipandu dengan baik untuk menghindari Indonesia suka-suka seperti berkembang di media sosial agar pandemi ini segera berakhir. Mari kita berjuang bersama melawan penyebaran Covid-19 dengan menyukseskan Era Adaptasi Kebiasaan Baru dengan tetap membangun produktivitas tapi tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

     Oleh: Siska Amelia (Ketua Gerakan Literasi Terbit Regional Kota Bandung)



Image

Write a Facebook Comment

Leave a Comments

UPDATE COVID-19

Jejak Pendapat

Penyebaran COVID-19 Sangat Memprihatinkan, Setujukah Indonesia Lockdown ?