Peresmian Proyek Palapa Ring (Paket Timur) : Setapak Langkah Maju Indonesia
Oleh : Wildan Nasution )*

By Adminjabar 18 Okt 2019, 13:10:23 WIBEkonomi

Peresmian Proyek Palapa Ring (Paket Timur) : Setapak Langkah Maju Indonesia

Keterangan Gambar : Peresmian Proyek Palapa Ring (Paket Timur) : Setapak Langkah Maju Indonesia


Tekad pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo untuk membangun seluruh wilayah Indonesia tanpa pilih kasih sudah mulai dibuktikan satu demi satu dan selalu mendapatkan respons positif dari berbagai kalangan masyarakat. Mereka menyakini Indonesia 5 tahun ke depan dibawah Jokowi-Ma’ruf Amin akan semakin maju, berkembang dan akan semakin cepat mengarah kepada tercapainya welfare state.

 

Peresmian proyek Palapa Ring atau Paket timur di Kabupaten Rote Ndao, diperoleh tanggapan dari beberapa sumber terkait Peresmian Proyek Palapa Ring (Paket Timur) di Rote Ndao, NTT mendapatkan respons positif sejumlah pemuka masyarakat di daerah tersebut dengan mengatakan dibangunnya infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring maka nantinya akan semakin mudah bagi masyarakat Rote Ndao untuk mendapatkan akses pelayanan telepon dan internet (data), karena selama ini secara umum kendalanya belum semua wilayah di Kabupaten Rote Ndao terlayani karena operator penyedia jaringan belum masuk di beberapa tempat (dalam bentuk BTS) di pelosok desa sehingga ada blankspot terutama di sisi/bagian selatan Rote Ndao, mulai dari Rote Timur bagian selatan, Pantai Baru Selatan, Rote Selatan, sampai Rote Barat laut bagian selatan.

 

“Satu kecamatan di Rote Ndao yang belum ada jaringan telekomunikasi yaitu di Kecamatan Ndao Nuse, yang merupakan satu kecamatan yang terdiri dari 5 desa dan terdiri dari 3 Pulau yang terpisah dari Pulau Rote sebagai pulau utama sehingga masyarakat Kecamatan Ndao Nuse harus menuju ke pinggir pantai yang berhadapan dengan Pulau Rote untuk bisa mendapat jaringan,” ujar salah seorang warga.

 

Berdasarkan catatan penulis, saat ini hanya ada dua Base Transceiver Station (BTS) yaitu di Desa Sotimori (Ibukota Kecamatan) dan di Desa Daiama yang berada dalam wilayah Kecamatan Landu Leko, sehingga tampaknya kebutuhan akan BTS masih diperlukan khususnya untuk ditempatkan di Desa Daurendale dan Desa Lifuleo yang masih sulit jaringan.

 

Kebutuhan mendesak yang perlu mendapat perhatian Kemenkominfo dan operator seluler adalah perluasan atau penambagan BTS agar menjangkau seluruh Kecamatan Landu Leko, karena saat ini satu objek wisata di kecamatan tersebut yakni Teluk Mulut Seribu sudah ditetapkan menjadi salah satu destinasi prioritas di NTT.

Pancaran bahagia juga terlihat di wajah masyarakat Desa Nggodimeda dan Desa Siomeda yang berada dalam wilayah Kecamatan Rote Tengah karena sinyal telepon dan internet untuk wilayah sekarang sudah semakin bagus dengan adanya pembangunan serat optik di lokasi perbatasan dua desa ini, juga ada BTS yang sudah cukup untuk mengcover jaringan.

 

Tampaknya, pemerintah tidak bisa berbuat sendiri untuk membawa langkah Indonesia semakin maju ke depan, sehingga diperlukan peranan dunia swasta dalam mendukung pembangunan jaringan komunikasi ini, karena sudah galibnya kalangan swasta tetap mempertimbangkan keuntungan bisnis terlebih dahulu dalam rencana pembangunan BTS, sehingga sekali lagi diperlukan sinergi dan kerjasama antara pemerintah dengan kalangan swasta dalam pembangunan BTS khususnya di daerah perbatasan yang memerlukan infrastruktur pertahanan jaringan telekomunikasi yang baik seperti di Rote Ndao.

 

Bagaimanapun juga, peresmian proyek Palapa Ring yang masuk dalam paket Timur jelas mengindikasikan performance Indonesia untuk menjadi negara maju semakin jelas. Secara teoritis, performance dibentuk dari motivasi yang positif ditambah dengan adanya ability yang positif, dan bangsa Indonesia memiliki syarat-syarat tersebut.

 

Jika proyek Palapa Ring sudah selesai di Indonesia, maka ketahanan nasional rakyat Indonesia akan semakin meningkat, patriotisme akan semakin mengakar karena literasi positif kebangsaan akan menyebar ke seantero Indonesia dan juga perkembangan ekonomi akan semakin meningkat, karena upaya mempromosikan keindahan pariwisata di daerah perbatasan atau pulau terluar di Indonesia akan semakin mudah, karena tidak terganggu lagi jaringan komunikasi.

 

)* Pemerhati masalah komunikasi sosial dan komunikasi massa.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019 - 2024
  1. Joko Widodo - Maruf Amin
  2. Prabowo Subianto - Sandiaga Salahudin Uno

Komentar Terakhir

  • Unsomotrofoms

    pxr <a href="https://cbdhempoil2020.com/#">cbd oil for sale ...

    View Article
  • medoApoms

    cea <a href="https://buycbdoil55.com/#">full spectrum hemp oil</a> ...

    View Article
  • Vuffextinee

    nyw <a href="https://hempcbd11.com/#">what is hemp oil</a> kwv ...

    View Article
  • MichaelGrirm

    <a href="http://sildenafila1c.com">cheap sildenafil</a> <a ...

    View Article